SEKILAS INFO
  • 3 bulan yang lalu / Daftar kan putra putri anda untuk mengikuti pelajaran membaca al qur’an di TPA Nurul Falah serta kegiatan seni pencak silat Betawi Sanggar MMA untuk info lebih lanju hubungi Ustadz.Muttaqin (TPA)  Hp  0887-2909-658  dan Bang Adit (Sanggar MMA) 0895-6157-89270 Baca Juga :  Akan Datang Suatu Zaman terjadi fitnah perpecahan dan perselisihan dan sebaik baik tempat orang...
  • 2 tahun yang lalu / Daftar Nama nama Penyewa Aula Masjid Nurul Falah : >> Hari Minggu 24 Agustus 2022. Ibu Maesal RW.7 >> Hari Sabtu 6 Agustus 2022. Bp.Imam RW.08 >> Hari Minggu 21 Agustua 2022. Ibu Dwi >> Hari Minggu 28 Agustus 2022. Ibu. Encun >> Hari Minggu 4 September 2022. Ibu Desy RW.09 >> Hari Sabtu 01...
  • 2 tahun yang lalu / Progaram Santunan Anak Yatim Masjid Nurul Falah per tiap bulan nya diadakan oleh Pengurus Masjid Nurul Falah Baca Juga :  Akan ada Orang Kafir yang mengadu orang Islam dengan bahasa orang Islam degan cara cara orang islam.
WAKTU :

Sebab ada nya susah dan senang itu, karena Allah SWT sayang kepada kita agar kita tiada lupa kepada Allah.

Terbit 1 Agustus 2022 | Oleh : Masjid Nurul Falah Petamburan | Kategori : Tasawuf / Tauhid
Sebab ada nya susah dan senang itu, karena Allah SWT sayang kepada kita agar kita tiada lupa kepada Allah.

Masjid Nurul Falah-Rusun Petamburan . Sobat NF yang saya cintai dan semoga dirahmati Allah SWT, yuk kita simak sebab sebab Allah memberi karunia susah dan senang itu karena Allah SWT sayang kepada kita semua, agar kita tiada lupa kepada Allah SWT dan senantiasa dekat beribadah kepada nya.

Tulisan ini saya dapatkan dari usaha saya mengaji kepada Al Alim Al Ustadz Bunyamin bin Muhammad berkah wasiyat perintah almarhum habib Umar bin ahmad Alatas saya punya guru, lokasi tempat mengaji  di Jalan Haji Sholeh 1 (satu) hari Selasa malam Rabu (26/7/2022).

Semoga beliau selalu di berikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT dan semoga Allah jadikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua Amin Ya Robbal A’lamin.

ذَكَرَ أَسْبَابُ القَبَضَ وَالبَسطَ : مثبوتكن أوليه مصنف سباب سباب أداث كرونيا سمفية دان لواس داري الله تعالى  وَهُوَ العَطَاءُ وَالمَنْعُ فَالغَالِبِ : يأيتو كرونيا يغ الله بريكن دان كرونيا يغ تياد الله بريكن فَدا أومومث  فَقَال رُبما أَعْطَاكَ فَمَنَعَكَ وَ رُبَما مَنَعَكَ فأَعْطَاكَ مَاك بركات مصنف كداغ الله ممبري كفدا أغكو تاتفي الله منجغه كفدا أغكو دان كداغ الله منجغه كفدا أغكو تاتفي الله ممبري كفدا أغكو قُلتُ الغَالِبُ عَلَى النَفْسُ الأمَرَة وَ اللَوَامَة أَنْ تَنْبَسِطُ بِالعَطَاءِ أكو كتاكن أداله حال يغ أوموم أتس فكيران يغ بأيك دان يغ بوروك بهواسث سانغ دغن فمبرين دار الله تعالى وَتَنْقَبِضُ بِالمَنْعِ دان تياد سوك بيلا تياد الله باري

Menyebutkan seorang ulama besar Al Arif billah Ahmad bin Muhammad bin Ajibah Al Hasani di dalam kitab Iqozul Humam,  Syarah hikam Ibni Athoilah bahwa ia menjelaskan tentang sebab sebab karunia sempit dan luas dari Allah SWT yaitu karunia yang Allah SWT berikan dan karunia yang tiada Allah SWT berikan pada umumnya.

Baca Juga :  Tiap tiap urusan orang itu pada ahli nya dan kematian itu lebih dekat dari pada tali sendal nya

Maka Al Arif billah Ahmad bin Muhammad bin Ajibah Al Hasani menjelaskan :

” Sewaktu waktu Allah SWT memberi kepada engkau lalu mencegah engkau dan kadang Allah SWT mencegah kepada engkau tetapi memberi kepada engkau”.

Dan Al Arif billah Ahmad bin Muhammad bin Ajibah Al Hasani mengatakan ” Adalah hal yang umum atas pikiran yang baik dan yang buruk bahwasanya senang dengan pemberian Allah SWT dan tiada suka bila Allah SWT tiada memberi.”

 لِأنَ فيِ العَطَاءُ مَتَعَتُهَا وَشَهْوَتُهَا كارن ديدالم فمبريان الله تعالى إيتو أدا كسوكأن دان كاسنغن دنيا فَلا جَرَمَ أَنَها تَنْبَصِطَ بِذَالِكَ ماك تياد راغو كيتا كتاكن بهواسث نفسو فيكيران إيتو سوكا كفدا فمبريان داري الله تعالى

” Karena didalam pemberian Allah SWT itu ada kesukaan dan kesenangan dunia maka tiada ragu kita katakan bahwasanya nafsu pikiran itu suka kepada pemberian Allah SWT “.

وَفى المَنْعِ قَطْعُ مُوَادِها دان جيك تيادا الله باري فوتوسهرافنث كفدا الله تعالى وَتَرْكُ حُظوْظها دان منيغكلكن باغيان باغيان كرونيا يغ سمفية إيتو ساسوغوهث داتغث داري الله تعالى وَلاَ شَكُ أنها تَنْقَبِضُ بِذَالِكَ دان تياد راغو بهواسث نفسو فيكيران إيتو منجدي سمفيت دغن يغ دمكين إيتو وَذَلِكَ لِجُهُوْلِهَا بِربِهَا دان يغ دمكيان إيتو كارن بودوه نفسو فيكيرن دغن فمبلاجرانث وَعَدَمُ فَهْمُهَا دان كاتيادأن فهم نفسو فيكيران

” Dan jika tiada Allah SWT beri, putus harapan nya kepada Allah SWT dan meninggalkan bagian bagian karunia yang sempit itu sesungguh nya karunia pemberian dari Allah SWT juga. Dan tiada ragu bahwasanya nafsu pikiran itu menjadi sempit dan dengan yang demikian itu karena bodoh nafsu pikiran dengan pembelajaran nya dan tiada faham nafsu pikiran.”

Baca Juga :  Jangan tinggal ditempat yang tidak ditegakkan kefardhuan kepada Allah

 فَلَوْ فَهِمْتَ عَنِ اللهِ لَعَلِمْتَ أَنَ المَنْعَ عَيْنُ العَطَاءِ كالو أغكو فاهم الله جيك أغكو كاتهوي بهواسث الله تياد ممباري إيتو أداله سواتو فمبرين جوكا وَالعَطَاءُ عَيْنُ المَنْعِ كَمَا يَأْتِي دان سمتا متا فمبريان إيتو أدله فنولكن الله تعالى جوكا سبغي منا يغ أكن ننتي دي جلاسكن

” Kalau engkau faham Allah SWT, jika engkau ketahui bahwasanya Allah SWT tiada memberi itu adalah suatu pemberian juga. Dan semata mata pemberian itu adalah penolakan Allah SWT juga sebagaimana yang akan dijelaskan”.

فَأفْهَمَ أيُها الفَفِيْرُعَنِ المَوْلاكَ مك فهاميله وهي أوراغ أوراغ يغ بوتوه كفدا الله ولا تهمه فيما به مولاك دان جغن أغكو جوريكا كفدا الله دغن أفا يغ تلاه الله تنتوكن

” Maka Fahamilah orang orang yang butuh kepada Allah SWT dan Jangan engkau curiga kepada Allah SWT dengan apa yang telah Allah SWT tentukan.”

فربما أعْطَاك ما تشتهيه النفوس فَمَنَعَكَ بِذَلِكَ حَضْرَةِ القُدوس مك سوكتو وكتو الله تعالى ممبري كفدا أغكو داري أفا يغ أغكو سوكأي داري نفسو فيكيران لالو الله تعالى منجغه أغكو داري يغ دمكين إيتو  أكار أغكو إيغاة تياد لوفا كفدا الله تعالى

” Sewaktu waktu Allah SWT memberi kepada engkau dari apa yang engkau sukai dari nafsu pikiran lalu Allah SWT mencegah dari yang demikian itu agar engkau ingat, tiada lupa kepada Allah SWT”.

Bersambung ………..

Sumber : Kitab Iqozul Humam Syarah Hikam Al Arif Billah Ahmad bin Muhammad bin  Ajibah Al Hasani Halaman 165

Penulis : Fauzy Rusli Muhammad

 

SebelumnyaWajibnya Menjaga Kerukunan dalam Bertetangga SesudahnyaJangan memandang remeh susah dan senang hidup di dunia.

Berita Lainnya

0 Komentar