SEKILAS INFO
  • 3 bulan yang lalu / Daftar kan putra putri anda untuk mengikuti pelajaran membaca al qur’an di TPA Nurul Falah serta kegiatan seni pencak silat Betawi Sanggar MMA untuk info lebih lanju hubungi Ustadz.Muttaqin (TPA)  Hp  0887-2909-658  dan Bang Adit (Sanggar MMA) 0895-6157-89270 Baca Juga :  Mari berbagi berkah bersama anak-anak yatim dan dhuafa
  • 2 tahun yang lalu / Daftar Nama nama Penyewa Aula Masjid Nurul Falah : >> Hari Minggu 24 Agustus 2022. Ibu Maesal RW.7 >> Hari Sabtu 6 Agustus 2022. Bp.Imam RW.08 >> Hari Minggu 21 Agustua 2022. Ibu Dwi >> Hari Minggu 28 Agustus 2022. Ibu. Encun >> Hari Minggu 4 September 2022. Ibu Desy RW.09 >> Hari Sabtu 01...
  • 2 tahun yang lalu / Progaram Santunan Anak Yatim Masjid Nurul Falah per tiap bulan nya diadakan oleh Pengurus Masjid Nurul Falah Baca Juga :  Mari berbagi berkah bersama anak-anak yatim dan dhuafa
WAKTU :

Apa itu ilmu Fiqih ?

Terbit 23 Maret 2022 | Oleh : Masjid Nurul Falah Petamburan | Kategori : Fiqih / Rusun Petamburan
Apa itu ilmu Fiqih ?

Masjid Nurul Falah -Rusun Petamburan Sobat NF yang di Rahmati Allah SWT, mungkin sebahagiaan sobat NF belum mengerti apa arti nya Ilmu Fiqih  itu, maka dari itu akan di jelaskan arti bahasa Ilmu Fiqih  kepada sobat NF.(23/03/2022).

Defenisi Ushul Fiqh

Secara etimologi ushul fiqh terdiri dari dua kata yaitu ushul dan fikih. Dilihat dari kata bahasa arab rangkaian kata ushul  dan fiqhi tersebut dinamakan dengan tarkib idhafah, sehingga diri rangkaian dua kata itu membuat dua rangkaian kata ushul dan fiqhi. Kata ushul adalah bentuk jama’dari kata ashl yang menurut bahasa , berarti suatau yang di jadikan dasar bagi yang lain, atau bermakna fondasi sesuatu, baik bersifat materi maupun non materisihingga ushul fiqhi berarti suatu yang di jadikan dasar bagi fiqh. Secara terminologi banyak definisi yang diberikan para ulama tentang ushul fiqh.

Menurut Abu Zahrah ushul fiqh adalah ilmu tentang kaidah-kaidah yang menggariskan jalan untuk memperoleh hukum syara’ yang bersifat amaliyah dari dalil-dalilnya yang terperinci, maka dia adalah kaidah yang menjelaskan metode (thariqah) mengeluarkan hukum dari dalilnya.

 Defenisi Fiqih

Menurut bahasa, “Fiqih” berasal dari kata “faqiha yafqahu-faqihan” yang berarti mengerti atau paham. Paham yang dimaksudkan adalah upaya aqilah dalam memahami ajaran-ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Kata fiqih dan tafaqquh berarti “pemahaman yang dalam”, keduanya sering digunakan dalam Al-Quran dan Hadits. Sebagaimana disebutkan dalam surat At-Taubah: 122. Rasulullah SAW. telah memerintahkan beberapa di antara para sahabat untuk memahami secara mendalam (tafaqquh) atau telah memilih mereka sebagai ahli fiqih atau fuqaha (bentuk jamak dari faqih).

Fiqih adalah pengetahuan yang luas dan mendalam mengenai perintah-perintah dan realitas Islam dan tidak memeiliki relevansi khusus dengan bagian ilmu tertentu. Akan tetapi, dalam terminology ulama, istilah fiqih secara khusus diterapkan pada pemahaman yang mendalam atas hukum-hukum Islam.

Baca Juga :  Panitia Iedul qurban Masjid Jami Nurul Falah Rusun Petamburan

“fiqih adalah ilmu yang menerangkan segala hukum syara’ yang berkaitan dengan amaliyah orang mukhalaf yang dininstibathkan dari dalil-dalil yang terperinci.”

“Fiqih” itu adalah ilmu mengenai pemahaman tentang hukum-hukum syara’ yang berkaitan dengan amaliyah orang mukallaf, baik amaliyah anggota badan maupun amaliyah hati, hokum-hukum syara’ itu didapatkan berdasarkan dan ditetapkan berdasarkan dalil-dalil tertentu (Al-Qur’an dan al- Hadis) dengan cara ijtihad.

Defenisi syariah

Menurut kamus bahasa Indonesia pengertian syari’ah adalah :

“Hukum agama yang diamalkan menjadi peraturan-peraturan  upacara yang bertalian dengan agama Islam, palu memalu, hakekat balas membalas perbuatan baik (jahat) dibalas dengan baik (jahat) “.

Syari’ah dinamakan Ad-Din memiliki pengertian bahwa ketetapan peraturan Allah yang wajib ditaati. Ummat harus tunduk melaksanakan ad-Din (syari’at) sebagai wujud ketaatan kepada hukum Allah. Ad-Din dalam bahasa Arab berarti hukum. Syari’ah dinamakan Al Millah mempunyai makna  bahwa agama bertujuan untuk mempersatukan para pemeluknya  dalam suatu perikatan yang teguh . dapat pula bermakna pembukuan atau kesatuan hukum-hukum agama. Syari’ah sering juga disebut syara’, yaitu aturan yang dijalani manusia, atau suatu aturan agama yang wajib dijalani oleh manusia untuk mencapai kebahagiaan hidup baik di dunia maupun kelak di akhirat .

Berkata Habib Umar bin ahmad Alatas Petamburan :

Dalam Kitab Syair Nurul Muhibbin di Jelaskan beliau : ” Ilmu Fiqih adalah Jalan Kebaikan.”

Maksud Kebaikan disini adalah Ibadah kepada Allah SWT,

Jadi Ilmu Fiqih itu adalah : Suatu Jalan atau tata cara yang mengatur perbuatan manusia baik dzohir dan bathin berbuat kebaikan atau beribadah Kepada Allah SWT dengan baik dan benar disertai dalil dalil terperinci dari Alquran dan Hadist Nabi Muhammad SAW serta Ijtihad Ulama.

Baca Juga :  Memberi Jamuan Makan Kepada Tamu Itu Sebuah Kemuliaan Sayyid Muhammad Yusuf Aidid, S.Pd, M.Si (Dosen Agama Islam Universitas Indonesia dan PNJ )

Semoga bermanfaat bagi Sobat NF Wassalam

Salurkan Amal Jariyah anda untuk Anak anak yatim di Masjid Nurul Falah Rusun Petamburan Kirim ke Rek BSI 7174383817 Cabang Abdul Muis A/N Masjid Nurul Falah.

SebelumnyaApa artinya Ilmu Tauhid ? SesudahnyaHadiri Sholat Fitri 2022/ 1433 H di Masjid Nurul Falah Rusun Petamburan

Berita Lainnya

0 Komentar